Selasa, 20 November 2018

Day 1 : Kenapa Nulis Blog ?



Bismillah, 

Kali ini ikut challenge dari Blogger Perempuan, selama 30 hari menulis blog sesuai dengan topik yang sudah ditetapkan. Semoga istiqomah nulisnya dan tentu saja, bisa bermanfaat bagi yang membacanya. 

Topik hari pertama adalah mengenai alasan "kenapa nulis blog?". Berikut beberapa alasan saya :

1. Penasaran 

Kalau diingat lagi, awalnya nulis di blog karena penasaran. :D

Saya mulai mengikuti sebuah forum kepenulisan, yaitu Forum Lingkar Pena saat masih mahasiswa. Dari sini, saya banyak menemukan teman-teman yang aktif menulis dan menuangkan tulisannya di blog pribadi. Tidak hanya itu, mereka juga aktif mengikuti lomba menggunakan blog yang mereka miliki. Walhasil, saya juga terpengaruh. Hehe

Akhirnya tahun 2014, selepas kuliah dan makin aktif dalam dunia organisasi kepenulisan, saya memutuskan membuat akun di blogger dan satu lagi di tumblr. 

Di blog inilah, saya menuliskan beberapa karya, mengikuti lomba, juga curhat. :D


2. Menyimpan Karya dan Kenangan

Saya biasa menulis diary dalam sebuah buku dan juga menuliskan beberapa karya di sana. Pada akhirnya, pengen juga membuat sebuah buku digital milik pribadi dan akhirnya membuat blog. Karya yang menurut saya layak dibaca orang saya posting dalam blog. Curhatan yang samar-samar, saya juga masukkan dalam blog dalam bentuk puisi maupun cerpen. 


3. Mengasah Kemampuan Menulis 

Pada dasarnya saya tipe orang yang nulis seadanya.Hehe... 

Gampang bosan untuk melanjutkan cerita, jadinya belum mampu membukukan sebuah novel. Cerpen saja kadang butuh waktu sebulan untuk diselesaikan. Tergantung mood. #takpatutdicontoh

Nah, kalau dalam blog, saya usahakan pokoknya harus nulis panjang lebar. Berusaha mengembangkan cerita yang saya buat. Jadinya draf pada numpuk. :D

Tapi, beneran deh, nulis di blog mempengaruhi kemampuan saya untuk meramu kalimat-kalimat panjang yang numpuk di kepala. 


4. Biar Eksis

Hehee... sebenarnya saya bukan orang yang mau nampil depan publik, jadi banyak hal yang saya simpan di kepala dan sulit terucap. Akhirnya menulis jadi solusi buat saya dan pemikiran saya bisa saya tuangkan apa adanya tapi tetap selaras dengan norma-norma. 


Nah, quote di atas juga jadi penyemangat, mana tahu kan kita jadi eksis lewat tulisan, meski mungkin kita sudah di alam yang berbeda. 

5. Niat dakwah

Segala sesuatu yang saya lakukan, saya niatkan untuk ibadah. Meski saya mungkin belum mampu untuk menyampaikan lewat lisan, namun, saya berharap mampu menyampaikan kebaikan lewat tulisan yang saya share. Itulah mengapa saya selalu mengatakan, jika menulis berusahalah memberikan manfaat.


Sepertinya itu saja alasan mendasar, kenapa saya nulis blog. Saya juga baru nyadar :D

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amanah yang Kedua

Lama tak menjumpaimu blog. Belakangan aku sibuk dengan tugas utamaku sebagai ibu dua anak. Tugasku kini bertambah, seiring dengan umurk...